free your my mind

whatever happens, life must go on….

Ada sesuatu dengan facebook?

facebook

Facebook sudah menduniadan mewabah! Blackberry bisa dijual laku keras juga gara-gara Facebook. Facebook menyalip kepopuleritas aplikasi sejenis di dunia maya.

Namun berikut ada beberapa hal-hal yang perlu diketahui dan dipertimbangkan:

1.Facebook adalah aplikasi web yang tujuannya untuk komunikasi sosial.

2.Facebook adalah PEMILIK semua isinya

Nah berikut adalah kekeliruan yang sering kalian pikir benar:

Semua posting saya di Facebook account saya adalah milik saya! Ini adalah salah besar. Memang kalian bisa mengkontrol siapa yang bisa akses terhadap postingan kalian. Kalian bisa mengatur siapa yang bisa baca blog saya, siapa yang bisa lihat photo saya dan sebagainya.

Tetapi apapun yang sudah upload ke Facebook sudah menjadi hak milik (property) dari Facebook. Facebook berhak melakukan apa saja terhadap isi yang sudah kita upload. Jika kita upload photo anak-anak kita. Maka suatu ketika ada iklan produk bayi yang photonya anak kita ya jangan kaget. Kalau para bajul upload photo bugil dan kinky dan meski hanya diset yang bisa akses diri sendiri, jangan kaget kalau photo itu suatu saat muncul dalam bentuk iklan kondom.. Kok bisa? Ya bisa! Karena Facebook punya hak menjual semua isi Facebook.

Makanya, jangan posting sesuatu yang isinya benar-benar private.. Jangan post photo keluarga, photo anak-anak, dsb yang punya nilai kenangan. Jangan post sesuatu yang punya nilai hak cipta milik anda. Misalnya ada yang mengarang buku lalu post di Facebook. Facebook berhak menjual buku anda! Karena dengan post di Facebook anda menyatakan itu milik Facebook!

Satu hal lagi yang crucial:

Kalau anda post sesuatu di facebook lalu menghapusnya, jangan berpikir bahwa anda sudah benar-benar menghapusnya. . Apa pun yang sudah di post di facebook itu sudah menjadi milik facebook dan mereka simpan. Kalau anda menghapus, itu hanya menghapus access di acount anda saja. Physically, postingan anda still there!

source : kaskus

September 15, 2009 - Posted by | computer, education, other, tips | , , , ,

2 Komentar »

  1. Sebenarnya tidak separah itu koq. Kita perlu memahami kebijakan yang digunakan Facebook, sebagaimana kita menggunakan WordPress. Kalau kita pakai Facebook berarti kita setuju dengan kebijakan itu.

    Ada istilah “commons share” yang digunakan untuk saling berbagi dan “free royalty”, sekarang tergantung “attribution”-nya. Lagi pula kan kita bisa mengatur privasi dan berbagai setting lainnya.

    Kalau kita yang memasang konten dewasa yang melanggar aturan kemudian tersebar luas, karena privasi tidak diatur dengan baik, dan facebook tidak bisa membatasi akses pada umum (karena setting kita sendiri), ya itu sih salah kita namanya😀

    Coba cek pernyataan hak dan tanggung jawab facebook berikut (maaf kalau kepanjangan):

    Pernyataan ini Hak dan Tanggung Jawab ( “Pernyataan”) berasal dari Facebook Prinsip, dan mengatur hubungan kita dengan pengguna dan orang lain yang berinteraksi dengan Facebook. Dengan menggunakan atau mengakses Facebook, Anda setuju dengan pernyataan ini.

    1. Privasi

    Privasi Anda adalah sangat penting bagi kami. Kami merancang Kebijakan Privasi kami untuk membuat pengungkapan penting tentang bagaimana Anda dapat menggunakan Facebook untuk berbagi dengan orang lain dan bagaimana kami mengumpulkan dan dapat menggunakan konten dan informasi. Kami mendorong Anda untuk membaca Kebijakan Privasi, dan untuk menggunakannya untuk membantu membuat keputusan.
    2. Berbagi Konten dan Informasi Anda

    Anda memiliki semua konten dan informasi yang Anda posting di Facebook, dan anda dapat mengontrol bagaimana dibagi melalui aplikasi privasi dan pengaturan. Sebagai tambahan:
    1. Untuk konten yang dilindungi oleh hak kekayaan intelektual, seperti foto dan video ( “IP konten”), Anda secara khusus memberikan izin berikut, tunduk pada privasi Anda dan pengaturan aplikasi: Anda memberikan izin kepada kami non-eksklusif, dapat dipindahtangankan, sub-licensable , bebas royalti, mendunia lisensi untuk menggunakan IP manapun konten yang Anda posting di atau berhubungan dengan Facebook ( “IP Lisensi”). Lisensi IP ini berakhir jika anda menghapus isi IP Anda atau account Anda kecuali konten Anda telah berbagi dengan orang lain, dan mereka belum menghapusnya.
    2. Ketika Anda menghapus IP konten, itu akan dihapus dengan cara yang mirip dengan mengosongkan tampungan daur ulang pada komputer. Namun, Anda memahami bahwa konten dihapus dapat bertahan dalam salinan cadangan untuk jangka waktu yang wajar (tetapi tidak akan tersedia bagi orang lain).
    3. Ketika anda menambahkan aplikasi dan menggunakan Platform, konten Anda dan informasi digunakan bersama-sama dengan aplikasi. Kami memerlukan aplikasi untuk menghormati pengaturan privasi Anda, tetapi perjanjian Anda dengan aplikasi yang akan mengendalikan bagaimana aplikasi dapat menggunakan konten dan informasi yang Anda berbagi. (Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Platform, Platform baca halaman Tentang kami.)
    4. Ketika Anda mempublikasikan konten atau informasi menggunakan “semua orang” pengaturan, itu berarti bahwa setiap orang, termasuk orang-orang turun dari Facebook, akan memiliki akses ke informasi dan kami mungkin tidak memiliki kontrol atas apa yang mereka lakukan dengan itu.
    5. Kami selalu menghargai umpan balik atau saran lain tentang Facebook, tapi Anda memahami bahwa kami dapat menggunakan mereka tanpa ada kewajiban untuk mengganti kerugian Anda bagi mereka (sama seperti Anda tidak punya kewajiban untuk menawarkan kepada mereka).
    3. Keselamatan

    Kami melakukan yang terbaik untuk menjaga Facebook aman, tetapi kami tidak dapat menjamin itu. Kami membutuhkan bantuan Anda untuk melakukannya, yang mencakup komitmen berikut:
    1. Anda tidak akan mengirim posting atau komunikasi komersial yang tidak sah (seperti spam) di Facebook.
    2. Anda tidak akan mengumpulkan pengguna konten atau informasi, atau mengakses Facebook, dengan menggunakan sarana otomatis (seperti panen bots, robot, spider, atau pencakar) tanpa izin kami.
    3. Anda tidak akan terlibat dalam haram multi-level marketing, seperti skema piramida, di Facebook.
    4. Anda tidak akan meng-upload virus atau kode berbahaya lainnya.
    5. Anda tidak akan mengumpulkan informasi login atau mengakses account milik orang lain.
    6. Anda tidak akan menggertak, mengintimidasi, atau mengganggu setiap user.
    7. Anda tidak akan memposkan konten yang penuh kebencian, mengancam, pornografi, atau yang berisi gambar telanjang atau grafik atau beralasan kekerasan.
    8. Anda tidak akan mengembangkan atau menjalankan aplikasi pihak ketiga yang mengandung, atau mengiklankan pasar atau yang berhubungan dengan alkohol atau konten dewasa lainnya tanpa sesuai berbasis pembatasan usia.
    9. Anda tidak akan menawarkan kontes, berhadiah, atau undian ( “promosi”) di Facebook tanpa persetujuan tertulis sebelumnya kami. Jika kami izin, Anda mengambil tanggung jawab penuh untuk promosi, dan akan mengikuti Pedoman Promosi dan semua hukum yang berlaku.
    10. Anda tidak akan menggunakan Facebook untuk melakukan apa melanggar hukum, menyesatkan, berbahaya, atau diskriminatif.
    11. Anda tidak akan melakukan apa pun yang bisa menonaktifkan, overburden, atau merusak kerja yang tepat dari Facebook, seperti serangan denial of service serangan.
    12. Anda tidak akan memfasilitasi atau mendorong segala pelanggaran Pernyataan ini.
    4. Pendaftaran dan Keamanan Account

    Pengguna facebook menyediakan nama asli dan informasi, dan kami membutuhkan bantuan Anda untuk tetap seperti itu. Berikut adalah beberapa komitmen yang Anda buat untuk kami sehubungan dengan mendaftar dan menjaga keamanan account Anda:
    1. Anda tidak akan memberikan informasi pribadi palsu di Facebook, atau membuat account untuk orang lain selain diri sendiri tanpa izin.
    2. Anda tidak akan menggunakan profil pribadi Anda untuk Anda sendiri keuntungan komersial (seperti menjual status Anda update ke pengiklan).
    3. Anda tidak akan menggunakan Facebook jika Anda berusia di bawah 13.
    4. Anda tidak akan menggunakan Facebook jika Anda seorang pelaku seks dihukum.
    5. Anda akan menyimpan informasi kontak Anda yang akurat dan up-to-date.
    6. Anda tidak akan membagi password Anda, biarkan orang lain mengakses account Anda, atau melakukan hal lain yang mungkin membahayakan keamanan account Anda.
    7. Anda tidak akan mentransfer account Anda kepada siapa pun tanpa terlebih dahulu mendapatkan izin tertulis kami.
    8. Jika Anda memilih nama pengguna untuk account Anda kami berhak untuk menghapus atau merebut kembali jika kita percaya sesuai (seperti ketika seorang pemilik merek dagang mengeluh tentang sebuah nama pengguna yang tidak erat berhubungan dengan pengguna nama sebenarnya).
    5. Melindungi Hak Orang Lain

    Kami menghormati hak-hak orang lain, dan mengharapkan Anda untuk melakukan hal yang sama.
    1. Anda tidak akan memposkan konten atau mengambil tindakan apapun di Facebook yang melanggar atau melanggar hak orang lain atau melanggar hukum.
    2. Kita dapat menghapus konten atau informasi apapun yang Anda posting di Facebook jika kita percaya bahwa hal itu melanggar pernyataan ini.
    3. Kami akan memberi Anda alat untuk membantu Anda melindungi hak kekayaan intelektual Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut, kunjungi Bagaimana Klaim Laporan Pelanggaran Kekayaan Intelektual halaman.
    4. Jika kami menghapus konten Anda melanggar hak cipta orang lain, dan Anda percaya kami dihapus dengan kesalahan, kami akan memberikan anda kesempatan untuk mengajukan banding.
    5. Jika Anda berulang kali melanggar hak orang lain hak kekayaan intelektual, kami akan menonaktifkan account Anda jika diperlukan.
    6. Anda tidak akan menggunakan hak cipta atau merek dagang kami (termasuk Facebook, Facebook dan F Logos, FB, Face, Poke, Wall dan 32.665), membingungkan atau tanda yang serupa, tanpa izin tertulis kami.
    7. Jika Anda mengumpulkan informasi dari pengguna, Anda akan: memperoleh persetujuan mereka, menjadikannya jelas Anda (dan tidak Facebook) adalah orang mengumpulkan informasi mereka, dan posting kebijakan privasi yang menjelaskan informasi apa yang Anda kumpulkan dan bagaimana Anda akan menggunakannya.
    8. Anda tidak akan posting identifikasi siapa pun dokumen atau informasi keuangan yang sensitif di Facebook.

    Komentar oleh Cahya | September 15, 2009

  2. iya juga seh…
    lagian juga dalam menggunakan segala sesuatu kita harus bijak.

    di sini aku cuma mau share aja kak…
    hehe

    Komentar oleh gembelpermanen | September 16, 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: