free your my mind

whatever happens, life must go on….

Ubah Dunia Dalam 1 Jam, Matikan Lampu

EARTH HOUR: Sebuah Event Pemilu Global

Isu utama
Perubahan iklim merupakan salah satu ancaman kehidupan di Bumi yang paling signifikan. Satu cara untuk mengurangi percepatan pemanasan global adalah dengan membuat setiap individu melakukan perubahan gaya hidup. Untuk mencapai perubahan ini, kita sebagai organisasi harus dapat menunjukkan bahwa melakukan perubahan adalah sederhana dan mudah.

Ketergantungan manusia kepada listrik yang notabene paling banyak berasal dari pembangkit listrik berbahan bakar fosil dan mengeluarkan CO2 atau gas rumah kaca telah mengakibatkan kenaikan dramatis temperatur rata-rata Bumi sehingga menyebabkan naiknya air permukaan laut, musim kemarau panjang serta badai, dan perubahan besar-besaran terhadap lingkungan hidup yang telah menjadi sumber kehidupan kita.

Solusi
Suatu kegiatan yang bertujuan membangun keterlibatan atau mengajak masyarakat luas melakukan aksi kecil yang dapat membawa suatu perubahan besar.

Apa itu EARTH HOUR ?
EARTH HOUR adalah salah satu kampanye WWF, organisasi konservasi terbesar di dunia, berupa inisiatif global yang mengajak individu, praktisi bisnis, pemerintah, dan sektor publik lainnya di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu (hanya) dalam 1 jam, pada hari Sabtu, 27 Maret 2010 pukul 20.30 – 21.30 (waktu setempat).

EARTH HOUR berawal dari kampanye kolaborasi antara WWF-Australia, Fairfax Media, dan Leo Burnett untuk kota Sydney, Australia, dengan tujuan mengurangi gas rumah kaca di kota tersebut sebanyak 5% pada tahun 2007. Keberhasilan kampanye ini diharapkan agar dapat diadopsi oleh masyarakat, komunitas, bisnis, serta pemerintah lain di seluruh dunia sehingga seluruh warga dunia dapat membantu menunjukkan bahwa sebuah aksi individu yang mudah sekalipun bila dilakukan secara massal akan membuat kehidupan kita di Bumi menjadi lebih baik.

Apa pengaruh EARTH HOUR?
Pada tahun 2008, 50 juta orang di 35 negara mematikan lampunya dalam aksinya mendukung EARTH HOUR.
Pada tanggal 28 Maret 2009, ratusan juta orang di lebih dari 4000 kota besar dan kecil di 88 negara di seluruh dunia mematikan lampunya mendukung EARTH HOUR. EARTH HOUR 2009 menjadi gerakan lingkungan terbesar dalam sejarah.

Kampanye terbuka pertama kalinya ini akan terus dilanjutkan untuk menjaring lebih banyak individu, korporasi, komunitas, dan pemerintah. EARTH HOUR 2010 kemungkinan besar akan menjaring pasar baru serta menjadi prioritas utama di dalam ataupun di luar jejaring WWF.

Apa target EARTH HOUR 2010?
Tujuan utama kampanye EARTH HOUR tahun ini adalah untuk melanjutkan target efisiensi energi bahkan jauh setelah kegiatan kampanye EARTH HOUR berakhir.
Jadi kampanye ini mengingatkan semua orang bahwa bergaya hidup hemat energi tidak hanya dengan berpartisipasi di EARTH HOUR saja, tetapi aksi kecil ini harus terus dilakukan setiap hari untuk secara efektif mengurangi gas rumah kaca.

Konteks
Pada Desember lalu, para pemimpin dunia berkumpul di Kopenhagen untuk mengambil keputusan kesepakatan iklim setelah Protokol Kyoto berakhir di tahun 2012. COP15 di Kopenhagen belum berhasil mencapai suatu keputusan yang adil, berambisi, atau mengikat secara hukum. Selain dari itu, Kopenhagen yang merupakan salah satu negara yang mengikuti acara EARTH HOUR (diadakan pada 16 Desember 2009) sama sekali tidak terkait dengan kegagalan COP15. Oleh karena itu, keberhasilan EARTH HOUR akan tetap dilanjutkan untuk menjaring lebih banyak orang di seluruh dunia demi mencapai suatu pemikiran baru mengenai aksi perubahan iklim dan isu pemanasan global.

EARTH HOUR itu sendiri harus berbeda dengan kampanye perubahan iklim lainnya. EARTH HOUR perlu mengangkat dan memancing semangat kepemimpinan di semua sektor, termasuk individu, bisnis, dan pemerintah.

Tema
Dalam konteks yang sudah disebutkan di atas, kami telah mengembangkan tema aksi EARTH HOUR 2010 sebagai berikut:

Saatnya beraksi
Tunjukkan apa yang akan dan sudah dilakukan sebagai bukti dukungan kita terhadap upaya memerangi perubahan iklim.
Target

1. Mencapai lebih dari 1 milyar orang dis eluruh dunia di lebih dari 5000 kota
2. Melibatkan komunitas-komunitas di lebih dari 6000 kota kecil dan kotamadya serta bekerjasama dengan banyak massa
3. Memberikan mandat dari total dukungan yang terkumpul kepada para pemimpin dunia sehingga dapat membuat perubahan yang berarti.

Tujuan Kampanye EARTH HOUR 2010

1. Menjaring sebanyak-banyaknya individu, rumah tangga, dan bisnis untuk ikut mematikan lampu sebagai simbol kontribusi mereka terhadap perubahan iklim
2. Mengedukasi masyarakat mengenai ancaman pemanasan global dan apa yang setiap individu bisa lakukan untuk membuat suatu perubahan dalam kehidupan mereka sehari-hari dalam mengurangi emisi mereka
3. Menjaring partisipasi korporasi untuk mengomunikasikan EARTH HOUR, baik staf maupun jejaring eksternal untuk berkomitmen mematikan lampunya pada jam yang ditentukan dan melakukan perubahan kebijakan dalam pengunaan energi
4. Memberikan preseden baik agar EARTH HOUR dilakukan setiap tahun
5. Mengukur perubahan emisi gas rumah kaca di Jakarta
6. Memperoleh kurang lebih 500,000 orang pendukung EARTH HOUR, melalui kampanye online EARTH HOUR Indonesia di web, facebook twitter, dan mailing list
7. Kegiatan komunitas masyarakat di Jakarta dan 4 kota besar lainnya di wilayah Jawa-Bali (Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali)
8. Dukungan dari Walikota 5 wilayah DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta, Presiden, Menteri Lingkungan Hidup, dan Dewan Nasional Perubahan Iklim
9. Ikon yang dimatikan: monumen – monument terkenal di Jakarta dan gedung pemerintahan di Jakarta dan sekitarnya
10. Minimal ada 4 duta EARTH HOUR lainnya dari keberhasilan di tahun 2009.

Pesan Kampanye
“Matikan Lampu pada Sabtu 27, Maret 2010, pukul 20.30 – 21.30 (waktu setempat). Kami mengharapkan jutaan orang di seluruh dunia mematikan lampunya selama 1 jam sebagai pernyataan global. Tunjukkan bahwa kamu peduli perubahan iklim. Tindakan kecil dapat membuat perubahan besar.”

Maret 27, 2010 - Posted by | education, other, tips | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s